Tips Piknik Sehat ALa Ibu Hamil

Tips Piknik Sehat ALa Ibu Hamil

Hamil tidak menghalangi jiwa traveler seseorang menjadi terhalang, apalagi jika kehamilannya masih tergolong dalam usia yang terlalu muda. Maka terkadang si Ibu abai dan mengikuti kehendak hati tanpa mempertimbangkan si buah hati.

Jika Anda benar-benar ingin tetap pergi, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter Ibu Hamil untuk mendapatkan solusi terbaik. Jika memang diperbolehkan apa saja yang harus dipersiapkan dan apa saja yang harus dihindari.

Agar perjalanan menjadi aman dan nyaman, pastikan beberapa hal berikut ini diikuti dengan baik dan benar ya.

1. Jangan pilih kota tujuan yang terlalu jauh

Pilihlah destinasi kota yang berada tak jauh dari posisi Anda saat ini, setidaknya agar Ibu tetap terpantau dengan baik dan masih bisa dijangkau dengan kendaraan lainnya.

Untuk jarak memang bersifat relatif karena pendapat setiap orang berbeda-beda. Jika Anda pergi dengan destinasi yang terlalu jauh, maka Anda akan terserang stres dan juga mabuk perjalanan. Yang mana tentunya hal ini tidak baik untuk janin karena pasti berpengaruh pada nafsu makan si Ibu.

2. Lebih baik bepergian saat usia mulai menginjak 5 bulan

Ada beberapa dokter yang menganjurkan demikian, dan ada pula dokter yang tetap mempertimbangkan kondisi kandungan dan si bayi. Bagi Anda yang tetap ingin bepergian, pastikan usia kandungan sudah mencapai setidaknya 4 sampai 6 bulan.

Pada usia tersebut, si Ibu tidak akan terlalu lelah, badan lebih siap, dan kondisi janin biasanya lebih stabil, dengan begitu rasa mual tidak akan mudah dirasakan si Ibu karena perjalanan jauh.

Terkecuali jika memang si Ibu memiliki riwayat kesehatan tertentu yang bisa mengancam kesehatan di bayi yang ada di dalam kandungan. Jika Anda masih ragu, lebih baik urungkan niat untuk traveling karena hal tersebut jutstru membahayakan kondisi Ibu dan janin.

3. Perhatikan transportasi yang dipilih

Jika memang terlanjut positf pergi, dan memutuskan untuk jalan-jalan. Ada baiknya jika Anda mempertimbangkan transportasi yang akan Anda gunakan. Jika memang agak jauh, lebih baik gunakan mobil atau transportasi umum yang nyaman seperti kereta atau pesawat.

Kalau merasa tidak nyaman karena naik transportasi umu, sebaiknya gunakan mobil pribadi dengan persiapan yang cukup matang. Jika menggunakan mobil pribadi, pastikan untuk selalu berhenti setiap berapa jam sekali agar posisi duduk tidak terlalu lama dan rasa mual agak berkurang.

4. Perhatikan selalu posisi duduk Anda

Meskipun duduk adalah aktivitas yang tergolong aman, namun bagi Ibu hamil harus diperhatikan detailnya apalagi saat berada dalam perjalanan jarak jauh. Pastikan Anda tidak duduk dengan posisi kaki berjinjit atau silang. Duduklah dengan posisi telapak kaki yang rata di lantai.

Kemudian, untuk kenyamanan bawalah banyak kecil untuk menyangga bagian punggung dan juga pinggang sehingga terasa tidak begitu pegal selama perjalanan. Pastikan kepala selalu bersender dan rilekskan diri.

5. Pastikan mendapat asupan yang cukup selama perjalanan

Walau sedang berada dalam perjalanan, aktivitas makan tidak boleh terlewat oleh Ibu hamil. Sebaiknya berhenti di salah satu rest area untuk sekedar beristirahat atau mengkonsumsi makanan yang sudah dibawa.

Usahakan agar membawa makanan sendiri dan jangan makan di sembarang tempat. Hal ini penting agar makanan dan minuman yang dikonsumsi tetap terjaga kualitas dan kebersihannya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Sekarang bepergian tidak akan terasa sulit karena ada banyak hal yang bisa dipersiapkan agar liburan tetap aman dan juga nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *